Berjalan lancarnya suatu pekerjaan diperusahaan anda tentu saja tidak lepas dari upaya memaksimalkan penggunaan peralatan kerja yang sesuai dan terawat, Nah untuk itu mari kita mulai dengan mengetahui pengertian singkat berikut ini :
APA GUNANYA MENDATA SELURUH PERALATAN KERJA ?
APA GUNANYA MENDATA SELURUH PERALATAN KERJA ?
Secara umum mendata peralatan kerja itu wajib dilakukan, dari data tersebutlah kita bisa memperoleh sumber informasi serta treck record yang dapat mempermudah kita untuk melacak ataupun mengetahui hal-hal penting lainnya jika dibutuhkan.
SEBERAPA PENTING INSPEKSI PERALATAN KERJA TERSEBUT?
SEBERAPA PENTING INSPEKSI PERALATAN KERJA TERSEBUT?
Inspeksi peralatan kerja jelas sangatlah penting, sebab tanpa dilakukannya pemeriksaan/inspeksi/pengujian, kita tidak akan tahu apakah peralatan/perkakas itu aman atau tidak jika digunakan.
SEBERAPA PENTINGKAH MENGISI FORMULIR INSPEKSI ITU?
SEBERAPA PENTINGKAH MENGISI FORMULIR INSPEKSI ITU?
Formulir inspeksi adalah lembaran kerja untuk mendata maupun mencatat segala informasi yang berkaitan dengan penggunaan peralatan kerja dan pada umumnya diisi secara manual oleh petugas yang berwenang atau biasa disebut sebagai inspektor yang mempunyai kemampuan dalam menganalisa dan mengambil suatu keputusan.
Ada 2 jenis tipe formulir inspeksi yang digunakan, antara lain :
Ada 2 jenis tipe formulir inspeksi yang digunakan, antara lain :
- Formulir inspeksi untuk perkakas kerja / Hand Tool
- Formulir inspeksi untuk Kendaraan dan Alat berat
PERLUKAH KITA UNTUK MEMASANG PENANDAAN / PELABELAN?
Penandaan dan pelabelan berfungsi sebagai Informasi ringan yang menerangkan status hasil uji/Inspeksi kelayakan dari status peralatan kerja yang akan digunakan.
Ada 2 jenis tipe penandaan/pelabelan, antara lain :
- JANGAN DIGUNAKAN, yang berati peralatan kerja masih dalam keadaan belum komplit atau masih banyak kekurangan yang harus dipenuhi/diperbaiki.
- BOLEH DIGUNAKAN, yang berarti peralatan kerja sudah lolos/melewati tahapan uji serta memenuhi segala syarat yang ditentukan.
APA ITU CATATAN PERALATAN KERJA / MASTER LIST EQUIPMENT?
Catatan peralatan kerja atau mater list equipment berfungsi sebagai data induk untuk mengetahui seluruh alat / perkakas kerja yang digunakan ditempat kerja, Pada umumnya berisi informasi penting, seperti :
- Rincian Identitas peralatan termasuk operator / sipemakai
- Jadwal Inspeksi
- Status mobilisasi/demobilisasi
- Status Kelayakan
- Status pengesahan / Surat izin alat
- dll
BAGAIMANA ALUR PROSES DALAM PELAKSANAAN INI?
lihat pada contoh alur dibawah ini :
Semoga bermanfaat ya...
0 komentar:
Post a Comment